Google Ads: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya

Kamis, 16 Januari 2020 14:00 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content
jasa-google-ads
Iklan

Google Ads adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk pengusaha untuk beriklan di platform di bawah naungan Google. Sebagai perusahaan teknologi digital terbesar di dunia, beriklan melalui Google berarti Anda akan memiliki kesempatan untuk tampil di iklan di halaman pencarian Google.

Apa itu Google Ads? Mungkin pertanyaan ini sering muncul di pikiran Anda ketika Anda belajar lebih banyak tentang pemasaran online atau pemasaran online. Dalam dunia pemasaran online, Iklan Google adalah elemen yang sangat penting dan memiliki peran penting dalam membantu perusahaan dan merek mendapatkan hasil yang lebih optimal dalam tujuan pemasaran mereka.

Pada dasarnya, Google Ads adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk pengusaha untuk beriklan di platform di bawah naungan Google. Sebagai perusahaan teknologi digital terbesar di dunia, beriklan melalui Google berarti Anda akan memiliki kesempatan untuk tampil di iklan di halaman pencarian Google, di video YouTube, dalam aplikasi ponsel cerdas dan juga di jutaan situs online yang dikunjungi oleh ribuan orang di Internet. Pengguna setiap hari.

Cara kerja Iklan Google

Cara menempatkan iklan di Google Ads sedikit rumit karena tidak sesederhana meminta Google untuk menempatkan iklan di halaman Google dan kemudian membayar sesuai dengan biaya iklan. Google akan menampilkan iklan untuk pengiklan yang "memenangkan" lelang. Sistem lelang akan aktif setiap kali pengguna Internet mengetik kata kunci tertentu di halaman pencarian Google. Untuk memenangkan pelelangan, faktor jumlah uang yang Anda bayarkan dan kualitas skor iklan Anda sangat penting.

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas skor sebagai bagian dari cara menggunakan Iklan Google:

1. Relevansi iklan Anda dengan pertanyaan pencarian

2. Relevansi kata kunci dibandingkan dengan kategori iklan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

3. Relevansi iklan dengan halaman arahan.

4. Faktor RKPT historis iklan Anda dibandingkan dengan kategori iklan.

5. Kinerja akun secara keseluruhan

Google Ads dengan skor kualitas tinggi juga memiliki keuntungan mendapatkan lebih banyak paparan dengan biaya iklan yang lebih rendah. Bagaimana Anda bisa mendapatkan skor kualitas tinggi untuk iklan perusahaan/produk Anda? Perusahaan layanan Iklan Google dapat membantu Anda.

Berapa biayanya untuk Iklan Google?

Berapa biaya Iklan Google tanpa keraguan apa yang ingin Anda ketahui dengan jelas. Sayangnya, karena penggunaan faktor lelang, tidak ada yang bisa menjawab dengan pasti berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membuat iklan Google. Itu tergantung pada seberapa kompetitif kata kunci spesifik Anda, jugatergantung pada lokasi perusahaan Anda (Amerika Serikat memiliki biaya lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain), kualitas kampanye iklan Anda dan beberapa faktor lainnya.

Selain itu, biaya Iklan Google juga ditentukan oleh faktor-faktor berikut:

1. Kualitas kampanye iklan di mana semakin tinggi kualitasnya, semakin rendah biaya PPC (bayar per klik) dan semakin tinggi tempat iklan

2. Pengaturan anggaran didasarkan pada penargetan lokasi audiens, penargetan perangkat dan jadwal tertentu

3. Contoh iklan Google yang lebih mahal daripada yang lain adalah iklan yang berkaitan dengan kehidupan manusia, seperti produk okum (pengacara, konsultasi okum, notaris, dll.) dan produk asuransi.

4. Perusahaan ritel besar dapat menghabiskan biaya Iklan Google hingga US $ 50 juta per tahun, sedangkan bisnis menengah memiliki rata-rata US $ 100.000.

Berikutnya: Jenis-jenis iklan terbaik untuk anda

<--more-->

Jenis iklan Google apa yang terbaik untuk Anda?

Tujuan dari Iklan Google adalah untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Dapatkan lebih banyak orang untuk memasuki situs Anda, menarik lebih banyak orang untuk membeli produk Anda, memberi tahu lebih banyak orang tentang produk atau fitur baru yang ditemukan dalam merek Anda, dll. Google menyediakan beberapa jenis penempatan iklan yang dapat dipilih berdasarkan jenis iklan atau kampanye perusahaan/merek Anda.

Anda dapat memilih satu atau beberapa jenis iklan untuk ditampilkan, yang paling mudah diakses oleh konsumen target Anda, lakukan pengujian platform yang memiliki hasil paling memuaskan, yang paling menguntungkan, dll. Ini adalah jenis jasa Google Ads yang dapat dipilih:

1. Cari halaman iklan

Jenis iklan ini dapat menjadi langkah pertama untuk menguji kualitas iklan Anda dan merupakan jenis iklan yang paling banyak dipilih oleh spesialis pemasaran. Iklan halaman pencarian adalah iklan yang muncul ketika pengguna Internet menulis kata kunci dari iklan target mereka. Iklan akan muncul di bagian atas hasil pencarian atau di bagian bawah dan ditandai dengan kata-kata "Iklan" di kotak kecil. Dengan iklan yang muncul di hasil pencarian, Anda pasti akan menambahkan lebih banyak lalu lintas ke halaman arahan situs Anda dan melakukan apa yang diminta untuk Anda lakukan ke halaman arahan

2. Beriklan di jaringan situs online

Jenis kedua Google Ads adalah iklan yang muncul di situs online yang dibuka pengguna melalui Internet. Fungsi Google Ads adalah untuk menarik orang untuk mengklik spanduk iklan yang dipasang di situs online, situs media, blog dan situs lain yang membuka platform bagi Google untuk memasang iklan gambar dan video.

Penggunaan jenis iklan ini sedikit lebih rumit karena kinerja iklan tergantung pada kualitas konten iklan karena pengguna cukup mengklik tombol tutup, yang berarti bahwa iklan tidak akan ditampilkan kepada pengguna oleh kedua kalinya

3. Membeli iklan jaringan

Iklan ini mirip dengan katalog yang hanya menampilkan foto produk, nama produk, dan harga. Cocok untuk perusahaan yang ingin menawarkan produk langsung dan bukan layanan, apalagi cerita tentang nilai merek. Jenis iklan ini banyak digunakan oleh pebisnis online yang memiliki toko online, baik di toko online maupun di pasar. Iklan tidak hanya muncul di Google Shopping, tetapi juga muncul ketika pengguna Internet mengetik kata kunci tertentu yang mengaktifkan tampilan iklan Google Shopping.

4. Iklan jaringan video

Iklan Google Iklan ini akan menampilkan kampanye iklan Anda di video YouTube yang relevan dengan kategori iklan. Iklan dapat muncul di awal atau di tengah saat menonton video. Dalam jenis iklan ini, penampil video memiliki opsi untuk tidak melihat iklan sampai selesai dengan mengklik tombol Lewati iklan. Semua iklan yang ditekan dengan tombol Lewati iklan tidak akan dikenakan biaya iklan. Pemirsa video yang tertarik dengan iklan Anda cukup klik pada video yang kemudian akan diarahkan langsung ke halaman arahan Anda.

5. Aplikasi periklanan jaringan

Iklan ini umumnya digunakan untuk mendorong lebih banyak orang mengunduh aplikasi seluler Anda, mengunduh konten digitalnya, atau mendorong lebih banyak kegiatan yang dilakukan dengan aplikasi Anda. Google Adsense ini hanya ditampilkan di smartphone dan tablet yang kemudian akan diarahkan ke halaman pengunduhan aplikasi. Platform ini umumnya digunakan untuk iklan yang ditujukan untuk audiens muda.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Nirvana Harapan

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler